Rabu, 31 Oktober 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Mata pelajaran               : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester              : II TP / I
Pertemuan Ke-               : 1 dan 2
Alokasi Waktu                : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi       : Menggunakan mesin untuk operasi dasar
Kompetensi Dasar          : Menjelaskan  cara mengeset mesin
KKM                             : 75
Indikator                         : Alat-alat dipilih jika diperlukan.
                                        Alat potong diasah sesuai keperluannya.
                                        Perkakas dipasang dengan benar menggunakan prosedur pengoperasian
                                        Pengaman yang tepat diset dan dipasang sesuai keperluan


I. Tujuan Pembelajaran          :
    Siswa dapat :
Mengidentifikasi pemilihan alat-alat untuk pekerjaan.
Mengasah alat-alat potong sederhana.
Memasangan dan Mencekam  alat-alat pada mesin.
Memasangan alat pengaman

II. Materi Ajar :
A.   Definisi
      Proses bubut adalah proses pemesinan untuk menghasilkan bagian - bagian mesin berbentuk silindris yang dikerjakan dengan menggunakan Mesin Bubut. Prinsip dasarnya dapat didefinisikan sebagai proses pemesinan permukaan luar benda silindris atau bubut rata :
  • Dengan benda kerja yang berputar
  • Dengan satu pahat bermata potong tunggal (with a single-point cutting
  •      tool)
  • Dengan gerakan pahat sejajar terhadap sumbu benda kerja pada jarak tertentu sehingga akan membuang permukaan luar benda kerja.
      Proses bubut permukaan (surface turning, Gambar ) adalah proses bubut yang identik dengan proses bubut rata, tetapi arah gerakan pemakanan tegak lurus terhadap sumbu benda kerja. Proses bubut tirus (taper turning, Gambar ) sebenarnya identik dengan proses bubut rata di atas, hanya jalannya pahat membentuk sudut tertentu terhadap sumbu benda kerja. Demikian juga proses bubut kontur, dilakukan dengan cara memvariasi kedalaman potong, sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan.
 

III. Metode Pembelajaran : Ceramah
Demonstrasi


IV. Langkah – langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1
1. Kegiatan Awal : (    30 menit )
No
Jenis Kegiatan
Alokasi
Waktu
1
Pendahuluan
§ Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu dan mengkondisikan kelas.
§ Guru melakukan absensi.
10 menit
2
Apersepsi
§ Guru bertanya pada siswa tentang siapa yang sudah pernah melihat, mengetahui atau bahkan pernah mengoperasikan mesin bubut
10 menit
3
Motivasi
§ Siswa mempersiapkan alat tulis
§  Guru memberikan gambaran awal tentang pengertian proses bubut, benda – benda apa saja yang diproses bubut dalam pembuatannya
10 menit
Jumlah
30 menit

2. Kegiatan Inti : (   105 menit )
No
Kegiatan pembelajaran
Pengorganisasian
1
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Menjelaskan proses bubut, jenis mesin bubut dan nama bagian beserta fungsinya serta mendemonstrasikan
  • melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber.
  •  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  •  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di bengkel.

Peserta
Kelas
Waktu
30 menit

2
Elaborasi
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 orang
  • Tiap kelompok diberi tugas memilih 1 dari 4 judul pokok bahasan tentang materi mesin bubut kemudian dibuat paper
  •  Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok Secara teliti
  • Per kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan dan kelompok lain memberikan tanggapan
  • Group
  • 50 menit
3
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kelas
15 menit
Jumlah
105 menit

3. Kegiatan Akhir : (   45 menit )
No
Jenis Kegiatan
Alokasi
Waktu

Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram dengan memberikan tugas perorangan berupa soal;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
  • Guru menyampaikan materi/rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya kemudian menutup kegiatan pembelajaran.
45 menit
Jumlah
45 menit
V. Bahan dan Sumber Belajar :
1. Bahan                          :  -
2. Sumber Belajar           :  Mesin Bubut Konvensional dan CNC, Drs. Eka Yogaswara, Armico,  2001, hal : 43
Pekerjaan Pemesinan, Drs.Solih Rohyana, Armico, 2000, hal : 9 – 17
Petunjuk Kerja Mesin Bubut, Skrap dan Frais,Elias dan R.Rachmad M,Dinas P&K, 1978, hal : 2 – 10

VI. Media                             : 1. Alat Lebar Gantungan ( ALG )
                                                    2. Mesin Bubut
                                                    3. Perlengkapan mesin bubut

VII. Penilaian                        :
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
·   Alat-alat dipilih jika diperlukan.

·   Alat potong diasah sesuai keperluannya.


·   Perkakas dipasang dengan benar menggunakan
prosedur pengoperasian.

·   Pengaman yang tepat diset dan dipasang sesuai keperluan

Tes Tulis

Tes Tulis


Tes Tulis


Tes Tulis
Tes Uraian

Tes Uraian


Tes Uraian


Tes Uraian
Sebutkan dan jelaskan macam – macam mesin bubut berdasarkan kegunaannya !

Sebutkan macam – macam pahat bubut yang sering digunakan dan jelaskan fungsi masing – masing pahat tersebut
          
Bagaimanakah cara memasang pahat bubut pada rumah pahat? Jelaskan!


Bagaimanakah cara memasang benda kerja pada senter kepala lepas agar ketika diproses bubut benda kerja tidak oleng?

VIII. Soal Tes                         :
Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat dan benar !
1. Apa gunanya mesin bubut konvensional? Jelaskan macam – macam produk yang dapat dikerjakan pada mesin bubut tersebut ! ( skor 20 )
2. Sebutkan bagian terpenting dari mesin bubut ! (skor 20 )
3. Jelaskan kegunaan dari kepala lepas dan supor ! ( skor 20 )
4. Apa yang perlu kita perhatikan pada saat mengasah pahat bubut ? (skor 20 )
5. Gambarkan macam – macam pahat rata dan jelaskan ! ( skor 20 )
Pedoman penskoran :
Jumlah skor x 5
IX. Pedoman penilaian :
a. Penilaian Psikomotor
Bagian 1
No
Aspek Yang Dinilai
Skor
1.
Pengertian proses bubut baik proses bubut permukaan atau proses bubut tirus
0 - 4

a. Tepat dan lengkap dalam menjelaskan
4

b. Cukup tepat dalam menjelaskan
3

c. Tidak lengkap dalam menjelaskan
2

d. Tidak dapat menjelaskan
0
2.
Nama – nama bagian mesin bubut beserta fungsinya
0 - 3

a. Dapat menyebutjelaskan lebih dari 10 bagian
3

b. Dapat menyebutjelaskan 10 bagian
2

c. Tidak dapat sama sekali
0
3
Fungsi mesin bubut konvensional
0 - 3

a. Tepat dan lengkap dalam menjelaskan
3

b. Cukup tepat dalam menjelaskan
2

c. Tidak lengkap dalam menjelaskan
1

d. Tidak dapat menjelaskan
0

Bagian 2
No
Aspek Yang Dinilai
Skor
1.
Kecepatan potong mesin bubut
0 - 5

a. Tepat dalam menyelesaikan soal tentang kecepatan potong mesin bubut
5

b. Hasil nol
0
2.
Pahat bubut
0 - 5

a. Tepat dan jelas dalam menjawab macam dan fungsi pahat bubut
5

b. Tidak bisa menjawab
0


b. Penilaian Afektif


Yogyakarta, ................
Mengetahui                                    Diverifikasi    
Kepala Sekolah                              Wakaur Kurikulum                              Guru Mata Pelajaran,

Drs.Jumanto                                    Beni Setyo Wibowo,S.Pd                    Ristiana, S.Pd



Tidak ada komentar:

Posting Komentar